6 Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses
Toko online/online shop sekarang
sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang
didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa
lebih hemat untuk modalnya. Karena anda bisa menjalankannya tanpa toko real
jadi bisa hemat biaya sewa toko. Layaknya toko real, maka toko online adalah
tempatnya ada memajang produk jualan anda. Lantas bagaimana caranya untuk
sukses menjalankan toko online? Berikut ini 5
Strategi Membuat Toko Online Sukses :
1.
Desain dan Fitur Toko Online
Membuat toko online bisa menggunakan berbagai cara, bisa dengan software
seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software, bisa dengan
layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi anda yang tidak
mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja anda dikenakan
biaya bulanan.
Apapun pilihan cara anda membuat toko online, yang perlu anda perhatikan
untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online anda. Desain
berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online anda seindah dan
senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang, sehingga
pengunjung bisa berlama-lama di online shop anda. Berikut tipsnya :
·
Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan
perpaduan warnanya.
·
Perhatiakan penataan display produk yanga anda tawarkan, berilah
informasi yang lengkap tentang produk anda
·
Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner,
dll
·
Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
·
Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi
anda
2. Pelayanan Customer Service
Pelayanan Customer Service diperlukan
untuk memudahkan pelanggan anda bertanya kepada anda tentang berbagai hal
terkait produk dan layanan toko online anda. Untuk toko online anda baiknya
menjelaskan waktu dan jam buka toko online anda. Sehingga pelanggan tidak
menghubungi anda diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang penting
diperhatikan :
·
Cepat respon pesan dari customer anda
·
Menerima saran dan masukan dari
customer anda
·
Mintalah maaf jika terjadi hal yang
tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan anda seperti keterlambatan paket
sampai di alamat tujuan.
3. Foto produk
yang menarik dan berkualitas
Foto produk
yang berkualitas andalah kunci sukses anda menjual produk anda. Berikut tipsnya
:
·
Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
·
Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu
banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama
warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna
foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit
kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
·
Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak
belakang dan tampak samping)
·
Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat
loading.
4. Bangun
Sistem Reseller
Reseller adalah orang yang membantu menjual produk anda dengan
mendapatkan keuntungan dari diskon yang anda berikan. Reseller bisa mendongkrak
penjualan anda. Keuntungan anda per item lebih sedikit tapi secara kuantitas
produk anda terjual lebih banyak. Yang pasti buatlah ketentuan reseller yang
jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Misal anda memberi batasan
minimal order atau anda bisa menentukan menerima dropsipping atau tidak, dll.
5. Belajar
Internet Marketing SEO
Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90% pengunjung berasal dari
search engine. Sedikit banyak setidaknya anda harus mengerti tentang SEO karena
manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking toko online anda di search
engine.
6. Manfaatkan secara maksimal media sosial
Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll
untuk mempromosikan produk anda dan mengarahkan pengunjung anda mengunjungi
toko online anda.