10 Alasan Mengapa Toko Online Sepi Pengunjung
Webiste toko online anda masih sepi
pengunjung? Padahal anda sudah mengupayakan berbagai hal, mulai dari optimasi
SEO, pasang iklan, promo di media sosial, dll. Coba anda cermati beberpa alasan
berikut ini yang menyebabkan toko online anda sepi pengunjng. Mungkin beberapa
alasan dibawah ini yang jadi penyebabnya. Berikut 10 alasan toko online sepi
pengunjung :
1. Loading Website Terlalu Lama
Calon customer/pengujung memang paling malas
untuk menunggu loading website yang lama. Meskipun produk yang anda jual
berkualitas baik dan menarik. Jika sulit untuk diakses maka pengunjung pasti
segera meninggalkan website anda dan beralih ke website lain yang menjual
produk sejenis yang lebih mudah diakses.
Navigasi yang rumit dn bertele-tele juga
membuat pengunjung segera meninggalkan website anda karena membingungkan bagi
mereka. Buatlah sistem navigasi yang mudah bagi pengunjung untuk menemukan
produk dan informasi yang mereka cari.
3. Kesalahan Ketik Dan Ejaan
Ini terkadang merupakan kesalahan dasar yang
bisa berakibat fatal. Tidak akan ada yang membeli jika dari awal mereka
tidak memepercayaimu. Misal, kesalahan kata, ejaan, bahasa, dan masalah dasar
lainnya pada halaman produk, atau halaman produk yang mengurangi kredibilitas.
Pastikan selalu mengecek secara detail isi keseluruhan websitemu.
4. Kualitas Konten Rendah
Jangan asal membuat konten, buatlah yang unik
dan bermanfaat. Jika konten anda bermanfaat maka akan disukai pengjung dan SEO.
5. Kualitas Gambar Rendah
Kualitas gambar sangat mempengaruhi penurunan
jumlah pengunjung website toko online anda.
Gambar yang terlalu kecil, buam dan pecah sangat tidak disukai
pengunjung. Berikan gambar yang berkualitas baik bahkan kalau perlu bisa di
zoom. Hal ini memungkinkan konsumen memperbesar gambar untuk memeriksa lebih
detail produk tersebut.
6. Suara Video/Musik Yang Mengganggu
Video
atau suara musik/lagu yang berputar
secara otomatis justru dapat mengganggu pengunjung dan juga membuat waktu loading
halaman menjadi lebih lama.
7. Tidak Ada Ulasan Produk
Tentu saja customer online akan lebih
berhati-hati ketika ingin membeli produk secara online. Karena mereka tidak
bisa secara langsung menyentuh produk itu, itulah mengapa mereka mencari cara
untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang produk tersebut. Semakin minim
ulasan tentang produk, maka semakin pengunjung tidak percaya dan ragu terhadap
produk anda. Anda bisa meminta testimoni dari para customer anda yang,
testimoni sangat membantu meyakinkan calon customer anda untuk take action.
8. Perbandingan Harga
Jika produk yang anda jual adalah produk
massal/diproduksi sangat banyak. Maka perbandingan harga sangat berpengaruh.
Pembeli online saat ini bisa dengan mudah mencari website lain untuk
perbandingan harga. Customer selalu mencari penawaran terbaik. Lain halnya jika
produk yang anda jual sangat terbatas dan dengan desain khusus. Maka harga
dengan mudah anda kuasai.
9. Tidak Ada Promo Kupon/Diskon
Customer
menyukai promo. Jika mereka tidak menemukan promo kupon/diskon apapun pada toko
online, maka bisa jadi mereka akan meninggalkan situsmu dan berbelanja di
tempat lain yang menyediakan promo/diskon yang menarik.
10. Proses Checkout/Pembayaran Terlalu Panjang dan Rumit
Ketika customer ingin melakukan checkout tapi prosesnya terlalu panjang dan
rumit maka hal ini akan membuat pembeli tidak nyaman dan mungkin saja mereka
membatalkan pembelian produk. Buatlah proses checkout/pembayaran
yang mudah dipahami oleh pembeli.