5trik Menarik Minat Pembeli
di Toko Online
Apakah anda merasa website toko
online anda banyak yang mengunjungi tapi hanya sedikit konversi penjualan yang
terjadi? Berarti banyak yang hanya lihat-lihat dan belum/tidak memutuskan untuk
membeli. Apa masalahnya? Coba lakukan perubahan kecil ini pada website anda dan
anda lihat bagaimana omzet penjualan anda akan meningkat. Lihatlah bagaimana
para visitor/pengunjung akan berubah menjadi customer. Berikut 5 trik
psikologis untuk meningkatkan omzet penjualan toko online :
1.
Kontras
Di internet,
jika anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka anda berpeluang besar
mengubahnya menjadi penjualan. Gunakan efek kontras untuk meningkatkan
penjualan di toko online anda. Ada beberapa efek kontras yang sering digunakan
:
-
Menampilkan gambar sebuah produk lebih besar
dari gambar produk lainnya. Satu perbedaan misalnya bentuk ataupun ukuran, akan
menarik perhatian mengunjung untuk memperhatikan bentuk atau ukuran yang
berbeda tersebut.
-
Membedakan warna nominal harga normal dengan
warna nominal harga diskon. Biasanya warna nominal harga normal hitam dan
dicoret kemudian warna nominal harga diskon diberi warna merah. Warna merah
secara otomatis menarik perhatian pengunjung. Kontras warna ini juga menegaskan
perbedaan antara harga normal yang lebih mahal dan harga diskon yang lebih
murah.
2.
Mentalitas
Kawanan
Mentalitas
kawanan di era modern adalah perilaku yang berpedoman pada perilaku orang lain
disekitarnya. Itulah mengapa anda sering jumpai orang membeli barang yang
kadangkala tidak dibutuhkannya tetapi karena banyak yang beli maka jadi ikutan
membeli. Ya, terutama kaum wanita nih... ada saja alasannya untuk membelanjakan
uang. Okay, bagaimana memanfaatkan perilaku ini di dunia internet. Manfaatkan
perilaku mentalitas kawanan di toko online anda, coba anda perhatikan di
website E-commerce anda sering menjumpai area khusus untuk memajang “produk
recommended”, “produk yang paling banyak dibeli”, “related product” atau
“produk terlaris”. Entah itu dibagain samping, tengah ataukah bawah di website
mereka. Ya, itu adalah trik yang memberikan sinyal bahwa banyak orang telah
menggunakannya. Dan pengunjung akan tertarik juga untuk membeli produk yang
ditawarkan area tersebut.
3.
Baru
Kata “BARU”
memiliki magnet yang cukup kuat untuk menarik customer. Oleh karena itu anda
sering menjumpai website toko online yang memasang halaman khusus untuk PRODUK
TERBARU atau NEW ARRIVAL.
4.
Paradoks
Pilihan
Berilah pilihan
yang tidak terlalu banyak dalam satu halaman. Terlalu banyak yang anda
tampilkan maka pengunjung anda akan mengalami kelelahan untuk melihat satu
dengan yang lainnya. Dan terkesan rumit. Misal anda menampilkan 6-12 produk
dalam 1 halaman itu lebih baik dari pada anda menampilkan 24-48 produk dalam 1
halaman terlebih gambarnya kecil-kecil. Semakin sedikit pengunjung akan lebih
memperhatikan setiap item yang ditawarkan.
5.
Kelangkaan
Kelangkaan produk
menuntun orang secara psikologis untuk takut kehilangan kesempatan. Trik
kelangkaan yang bisa anda gunakan, diantaranya : cantumkan jumlah stok yang
ada, produk dijual terbatas, limited design atau only 1 pc per desain. Maka
orang akan belomba-lomba membeli produk anda.